Demonstran Myanmar Lempari Perahu Bantuan untuk Rohingya dengan Bom Molotov

loading...
loading...

Demonstran Myanmar Lempari Perahu Bantuan untuk Rohingya dengan Bom Molotov

Berita Islam 24H - Demonstran dari warga Budha Myanmar melemparkan bom molotov, mencoba menghentikan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Provinsi Rakhine yang menjadi tempat terjadinya pembersihan etnis terhadap etnis minoritas Muslim Rohingya. Orang-orang terlibat dalam demonstrasi tersebut mencoba menghentikan para pekerja Palang Merah Internasional yang sedang mengisi sebuah perahu dengan bantuan kemanusiaan.

Insiden yang terjadi pada Rabu, 20 September itu menunjukkan meningkatnya permusuhan komunal yang terjadi di Myanmar. Berdasarkan informasi dari kantor informasi pemerintahan di Ibu Kota Rakhine, Sittwe, beberapa ratus orang berusaha menghentikan sebuah perahu dimuat dengan bantuan kemanusiaan seberat 50 ton bagi etnis Rohingya.

"Mereka mengira bantuan itu hanya untuk orang Benggali," kata Sekretaris Pemerintah Negara Bagian, Tin Maung Swe sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (21/9/2017). Dia menggunakan istilah Bengali yang bermakna merendahkan bagi etnis Rohingya.

Pengunjuk rasa yang beberapa di antaranya membawa tongkat dan jeruji logam, melemparkan bom molotov ke arah kapal dan pekerja Palang Merah. Seorang saksi mengatakan, sekira 200 polisi dipaksa untuk membubarkan mereka dengan tembakan ke udara.

Berdasarkan keterangan saksi mata itu, beberapa orang mengalami luka-luka sementara delapan orang pelaku telah ditahan. Juru Bicara Pelang Merah Internasional, Maria Cecilian Gonin mengatakan, tidak ada pekerja palang merah yang terluka dalam insiden tersebut. [beritaislam24h.info / okz]


Terimakasih sudah membaca artikel: Demonstran Myanmar Lempari Perahu Bantuan untuk Rohingya dengan Bom Molotov
loading...