Panik Saat Semut Masuk Ke Telinga..!! Coba Gunakan Cara ini

loading...
loading...


Apikepol.comTelinga merupakan indera pendengaran dan berperan sangat penting bagi manusia. Meski begitu kita tak akan meninggal kalau ada penyakit di telinga.

Pernahkah telinga Anda kemasukan semut? Jika iya, beginilah cara untuk mengeluarkan semut dari telinga Anda.

Jika ada semut yang masuk ke dalam telinga tentu hal tersebut sangat mengkhawatirkan. Sebab pernah ada kisah mengerikan tentang seorang anak yang meninggal karena kemasukkan semut dari telinganya sampai masuk ke otak.

Namun ada cara bagaimana mengeluarkan semut yang masuk ke telinga. Hal ini berdasar pengalaman seorang pria yang telinganya kemasukan semut sehabis mandi.

Ternyata saat mengeringkan badan, ada beberapa ekor semut di handuknya. Ia pun merasa gatal di badan karena semut-semut itu menempel di tubuh dan menggigitnya.

Tak hanya itu, ternyata telinganya juga kemasukan semut.
Karena ketakutan semut bisa saja masuk ke otaknya. Akhirnya ia ke dokter THT, namun sialnya dokter spesialis THT tidak ada, dan diganti dengan dokter jaga dari UGD, setelah masuk keruangan THT, telinganya diteteskan minyak goreng dingin kemudian disedot dengan vakum, karena merasa masih seperti digigit lagi. Telinganya diteteskan cairan peroksida dan divakum lagi, baru setelah itu sakitnya sudah tidak terasa

Namun ternyata ia baru tahu cara mengeluarkan semut yang masuk ke dalam telinga dengan menggunakan air dan minyak adalah salah. Sebab semut akan merasa terdesak akhirnya menggigit.

Jadi saat telinga kemasukan semut tindakan pertama adalah coba arahkan telinga ke arah cahaya, sebab semut mencari sumber cahaya.

Atau bisa menggunakan minyak goreng dingin karena semuat dapat terjebak atau menempel di dinding telinga setelah itu baru datang ke dokter THT untuk divakum apabila masih ada sisa minyak dan semut belum keluar bersama minyak

Sedikit tambahan, semut atau serangga lain yang masuk ke telinga tidak akan masuk kedalam otak atau bagian kepala lain selama gendang telingan tidak pecah atau robek, jadi selama gendang telinga sehat, tidak akan jadi masalah.

Namun jika Anda teteskan air semut akan merasa terancam akhirnya menggigit dinding telinga.

Jangan sembarangan memasukkan cairan ke dalam liang telinga. Lebih baik menggunakan baby oil daripada minyak goreng bila kemasukan binatang dan tanpa mengoreknya karena bisa mengakibatkan iritasi atau luka bahkan dapat merobek gendang telinga yang menyebabkan ketulian yang dapat permanen bila gendang telinga.

Ada juga beberapa cara ampuh mengeluarkan semut dari dalam telinga:

1. Daun telinga diolesi air liur, beberapa detik kemudian, semut itu akan keluar dengan sendirinya.

2. Masukan air yang sudah direndam tembakau sampainsemut keluar sendiri.

3. Oleskan minyak kayu putih atau minyak yang berbau tajam di belakang daun telinga karena semut takut dengan minyak yang baunya tajam sesaat kemudian dia akan keluar sendirinya

4. Bersihkan telinga dengan cotton bud yamg sudah dibasahi baby oil untuk mengeluarkan semutnya

Sebenarnya telinga sudah punya penangkal yaitu cairan beracun yang menjadi kotoran telinga, cairan tersebut akan membunuh serangga-serangga kecil semacam semut bila masuk telinga. Maka tidak dianjurkan terlalu sering membersihkan kotoran telinga.
loading...